BTS UMP merupkn Blog tentang kegiatan biro teknik sipil UMP Purwokerto, perencanaan bangunan sipil, perhitungan analisis struktur menggunakan SAP2000, AutoCAD, Archicad, 3DS Max dll.

Ads Here

Senin, 10 September 2018

Aplikasi Android : Menghitung Reaksi tumpuan Balok sederhana menggunakan AppyBuilder

Bismillah.

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman membuat aplikasi untuk menghitung reaksi tumpauan balok sederhana berbasis android. Dalam bidang teknik sipil hal ini termasuk ilmu analisis struktur statis tertentu. Para mahasiswa semester awal harus paham dan matang dengan teori ini. karen ini adalah dasar bagi analisis truktur selanjutnya.

Balok sederhana adalah batang dengan tumpuan sendi dan rol. Lihat gambar berikut ini.
Saya menggunakan AppyBuilder untuk membuat aplikasi [perhitungan analisis struktur statis tertentu berbasis android. AppyBuilder adalah sotware web based untuk membuat aplikasi android tanpa menggunakan coding. Pemrograman dilakukan menggunakan blok-blok obyek dan tool yang sudah ada di AppyBuilder. Pengguna tinggal melakukan drag n drop pada jendela Blok disesuaikan dengan alur pemrograman yang dikehendaki.

Bagi yang sudah pernah menggunakan pemrograman berbasis obyek seperti Visual Basic atau produk lain dari visual studio pasti tidak asing dengan AppyBuilder, Pada AppyBuilder sama seperti Visual Basic menggunakan 2 jendela untuk membuat program. 
  1. Jendela Desain: tempat membuat tampilan antar muka (GUI)
  2. Jendela Blok : tempat menuliskan perintah / kode program.Hanya saja di AppyBuilder pengguna melakukan drag n drop semacam blok / puzzel  ke jendela Blok tersebut.

Itu tampilan jendela Disain.
Ada 4 bagian: Pallete, viewer, Component, Properties.
Pallete adalah semacam toolbox di Visual studio, obyek yang akan dipasang di tampilan antar muka.
Viewer adalah tampilan di HP.
Component merupakan obyek - obyek yang digunakan.
Properties sifat/karakter obyek yang bisa disetting, diubah sesuai keperluan.

Pada jendela Blok ada 2 bagian saja seperti pada gambar berikut.


Blocks adalah kode yang dalam bentuk puzzel yang bersifat drag n drop untuk menempatkan di bagian viewernya.
Viewer tempat membuat alur program dalam blok-blok. di sini sebagaimana dalam Class urutan blok tidak harus dari atas ke bawah atau kiri ke kanan atau sebaliknya, tetapi supaya memudahkan dalam pembuatan program sebaiknya diurutkan sebagaiana menulis kode program.

Di bawah ini saya berikan video contoh hasil pembuatannya.


Terima kasih telah membaca. 
Semoga saya bisa menulis lebih detil lagi pembuatan aplikasi berbasis android menggunakan AppyBuilder.

Silakan like dan subscribe di youtube nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar