BTS UMP merupkn Blog tentang kegiatan biro teknik sipil UMP Purwokerto, perencanaan bangunan sipil, perhitungan analisis struktur menggunakan SAP2000, AutoCAD, Archicad, 3DS Max dll.

Ads Here

Sabtu, 04 Juni 2016

Potensi Air Untuk Tenaga Listrik

Sesuai dengan canangan pemerintah bahwa akan dibangun pembangkit listrik hinga 35.000 MWatt dalam jangka waktu 5 - 10 tahun ke depan. Hal itu berarti dibutuhkan Pembangkit Listrik Tenaga Air yang berkapasitas @10 MWatt sejumlah 3.500.
Atau Pembangkit Tenaga Listrik Mini yang berkapasitas @ 2 MWatt sampai dengan 10 MWatt berjumlah lebih dari 3.500 buah sampai dengan 17.000  buah.
Kalau Pembangkit Listrik Mikro Hidro yang berkapasitas di bawah @ 1 MWatt 35.000 buah.

Maka tiap tahun diperlukan PLTM sejumlah 350 - 700 buah. Atau ribuan PLTMH tiap tahun. Ini adalah suatu kesempatan yang sangat bagus untuk mengembangkan potensi yang sangat banyak di daerah kita.

Begitu banyak aliran air yang masih belum dimanfaatkan tenaganya. Inilah beberapa potensi aliran air yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

uSUNGAI
uSUNGAI BAWAH TANAH
uSALURAN IRIGASI, BAK PELEPAS TEKAN
uSALURAN DRAINASE
uSALURAN PEMBUANGAN (IPAL dll)
uSALURAN MATA AIR
uDANAU,  EMBUNG, WADUK
Gambar di bawah ini menunjukkan beberapa potensi tersebut.




Masih banyak potensi di tempatkita yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik yang bisa dibangun dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar