BTS UMP merupkn Blog tentang kegiatan biro teknik sipil UMP Purwokerto, perencanaan bangunan sipil, perhitungan analisis struktur menggunakan SAP2000, AutoCAD, Archicad, 3DS Max dll.

Ads Here

Selasa, 31 Mei 2016

Langkah-Langkah Perhitungan Menggunakan SAP2000



Untuk menggunakan SAP2000 langkah I yang harus selalu dilakukan adalah mengeset Unit Satuan dulu. Caranya adalah: setelah program SAP2000 terbuka maka pada pojok kiri bawah ada unit satuan al. Ton-m; pound-ft dll. Pilih satu dengan klik pada pilihan tersebut.

Langkah kedua adalah menentukan data/bentuk struktur yang akan di hitung. Untuk memasukkan bentuk struktur bisa dengan 3 cara.
1. Bentuk struktur bisa diambil dari file yang sudah ada yaitu dengan cara Klik menu File - Open kemudian cari di folder mana file yang akan dibuka tersebut berada.
2. Import dari data file yang berekstensi *.s2k dengan cara pilih menu File – Import - SAP2000.s2k lalu cari file yang akan diimport.
3. Membuat gambar struktur langsung di SAP2000. Cara ini ada 2. Satu dengan menggambar langsung bentuknya sesuai kehendak programmer. Ini bisa dilakukan dengan memilih menu File – New Model akan muncul halaman dengan grid titik-titik dengan jarak sesuai unit satuan yang ditentukan dengan memilih pada kotak dialog yang muncul setelahnya baik ke arah horisontal maupun vertikal. Gambar dibuat pada grid tersebut. Cara kedua adalah dengan memilih menu File – New Model from Template akan muncul pilihan-pilihan gambar struktur yang ada diSAP2000, pengguna tinggal memilih bentuk struktur yang diinginkan. Kalau ingin modifikasi bisa setelah gambar dipilih.

Memodifikasi data geometri dan tumpuan.

1. Klik toolbar Pointer (yang bergambar anak panah), mouse dapat digunakan untuk memilih element/nodal yang akan dimodifikasi. Untuk memilih satu – persatu element atau nodal arahkan pointer pada element/nodal yang akan dipilih lalu klik mouse kiri. Jika ingin memilih satu area maka arahkan pointer pada satu titik ujung area yang akan dipilih lalu klik&drag jalankan mouse sampai ke ujung titik dari area yang dipilih. Melalui menu Edit element/nodal yang terpilih bisa dimodifikasi. Jika menu Edit belum aktif (berwarna abu-abu) berarti belum ada obyek terpilih. Untuk mengubah nodal menjadi tumpuan maka pilih nodal lalu klik toolbar Assign –Joint – Restraint hingga muncul kotak dialog untuk menentukan jenis tumpuan.
2. Jenis tumpuan bisa ditentukan dengan memilih d.o.f (degree of freedoom) nodal terpilih.

Menentukan Beban
pada menu Define pilih Static Load Cases
tentukan jenis beban DEAD (mati)  NAMA BEBAN BISA KITA TENTUKAN SENDIRI. KLIK ok

untuk beban bergerak pd menu Define  pilih Move Load Cases

Menempatkan beban titik pada batang pilih/tentukan titik pada batang dengan cara
klik Draw Spesicial Joint,
Tentukan letak titik beban pada batang  pilih titik tsb dengan pointer pada menu Assign Joint Static Load   Force
Tentukan arah beban dan besar

Menentukan Jenis Material

pada menu Define pilih Materials
pada form Materials pilih Steel utk Baja, CONC utk Beton atau OTHER utk lainnya.
tekan tombol Modify/Show Material
pada Material Property Data tentukan ukuran yang sesuai. Ingat harga yang tertulis adalah sesuai dengan units satuan pada ujung kanan bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar