BTS UMP merupkn Blog tentang kegiatan biro teknik sipil UMP Purwokerto, perencanaan bangunan sipil, perhitungan analisis struktur menggunakan SAP2000, AutoCAD, Archicad, 3DS Max dll.

Ads Here

Minggu, 02 Juni 2013

Perencanaan Struktur Gedung FT UMP dengan Etabs.

Gedung Fakultas Teknik yang baru, sebagai pengganti gedung yang lama, karena sudah tidak mencukupi, struktur direncanakan menggunakan software ETABS. Gedung FT UMP merupakan gedung yang tertinggi saat ini di komplek Universitas Muhammadiyah Purwokerto terdiri atas 5 lantai dengan lantai 1 memiliki 2 elevasi berbeda. Elevasi yang I pada elevasi -2 m yang digunakan untuk tempat parkir kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4 atau lebih. Elevasi 0 digunakan untuk kelas, laboratorium Teknik Sipil, Teknik Kimia dan kantor. Lantai 2 s/d 5 digunakan untuk kelas, laboratorium dan kantor program studi lainnya. (eh di Fakultas Teknik UMP ada 4 Program Studi: Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Elektro dan Teknik Informatika) ssttt sedikit promosi nih.....
Gambar di bawah ini adalah gambar perspektif pada ETABS perencanaan Gedung FT UMP.


Detil perencanaan memang belum bisa kami upload. semoga suatu saat kami bisa uploadkan.
Pemilihan software Etabs sebagai alat bantu perencanaan struktur adalah Etabs memang di disain khusus untuk perhitungan Struktur Gedung. Sehingga lebih mudah dalam mengopersikan software ini untuk perhitungan struktur (analisis struktur). Jika dibandingkan dengan SAP2000 yang merupakan saudara sekandung ETABS, Etabs lebih mudah/praktis dalam perhitungan analisis truktur gedung. Memang ada sedikit perbedaan dalam pembuatan model struktur antara Etabs dengan SAP2000. Namun secara garis besar bagi yang sudah biasa menggunakan SAP2000 akan tidak mengalami kesulitan ketika menggunakan Etabs, walaupun baru pertama kali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar